PERTEMUAN KE 21,MEMASARKAN BUKU

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Assalamualaikum wr wb
ada sebuah pertarungan hati semalam dan akhirnya dimenangkan oleh jalan kebenaran hihihi alaynya diriku...πŸ˜…πŸ˜‚
 
mohon maaf jika Pengantar yang tak penting harus saya tuliskan 🀭

Balada dibalik pertarungan hati

plup...plup.....(ilusi bunyi notif digrup wa)
kebetulan hp lagi nyantai ditangan saya,bebas hari ini si sulung anteng tidak minta hp.😁

nampak pemberitahuan digrup BM flayer pertemuan materi berikutnya.
melihat dan sambil berdialog dalam hati

"iiihh ada lagi pertemuan 21 dank? saya pikir kemarin yang terakhir" πŸ™‚
tengok sekilas tentang pemasaran buku

"belum selesai temukan materi 1 dan 9 ternyata ada lanjutannya bagaimana ini?...tapi keren juga ini bisa pelajari strategi pemasaran buku,siapa tau saya bisa jadi penerbit buku perdana ditolitoli aamiiin" 

dialog dalam hatiku mencoba menangkis semua tanya jawabku,dan jerat-jerat bisikan setan dengan berandai-andai jadi penerbit sambil menyemangati diri ini yang kelelahan dan dilanda sakit kepala semalam,hingga akhirnya lelah sendiri dilanda kantuk.
πŸ˜…πŸ˜

Dan finally dari hasil pergulatan dialog semalam,saya memenangkan kembali semangat saya hari ini siang ini karena sejak pagi sedang bertugas jadi emak 100 persen 🀭,siang ini saya mulai mengetik dalam keadaan hp lowbet karena listrik padam daritadi pagi.tengah mengetik sambil h2c (harap-harap cemas)
"menyala jo kasian lampu,hpku tinggal 4 persen"
harapanku dalam hati πŸ˜ŒπŸ˜‡

Semangat semangat semangat πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

Materi hari ini adalah tentang  Pemasaran Buku πŸ₯°

Hari,tanggal  : Rabu,17 November 2021
Nara sumber : Agus Subardana,M.M
Moderator     : Ms.Phia 
Tema Materi : Permasaran Buku

πŸ¦‹Profil NarasumberπŸ¦‹

wow dari tampilan diatas yang berisi profil narasumber,,semangat saya untuk lanjut auto charger 🀭😍πŸ’ͺ 
Direktur Marketing Penerbit ANDI 😱🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩🀩

        🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼

Ilmu yang bermanfaat dari Narasumber

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Dampak Penjualan Buku Selama COVID 19 sangat dirasakan betul oleh pelaku usaha bidang Penerbitan Buku . Dampak yang kami alami sebagai pelaku usaha Penerbitan Buku:
1.jaringan toko-toko buku sebagian besar tutup sejak mulai pandemi dari maret 2020-agustus 2021.
2.Berkurangnya pengunjung toko buku karena efek pembatasan sosial akibat pandemi
3.penurunan omset buku dari 60% hingga 90%
4.Selama Pandemi pelaku usaha penerbit buku mengurangi persentasi pencetakan buku.
5.Beberapa usaha penerbitan mengalami penurunan akhirnya bangkrut dan tutup
6.Distribusi langsung penerbit buku yang dilakukan kesekolah,kampus maupun instansi pemerintahan dikurangi karena selama pandemi kegiatan dilakukan online tidak bisa secara maksimal menawarkan buku.
7.Semua pelanggan buku baik kalangan umum maupun disekolah atau instansi mengurangi anggaran pembelian buku.

Maka dari itu dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , selama pandemic Covid 19 ini supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran buku kita ubah melalui On Line , dan jaringan komunitas secara on line.
strategi pemasaran buku sangat unik atau berbeda dari satu jenis buku dan lainnya,dapat digolongkan dari jenis-jenis genre buku,misal buku anak,buku novel,buku pelajaran,buku bisnis,buku peternakan,buku pertanian dll dan jenis-jenis genre buku tersebut (kurang lebih ada 32 jenis) ada dipenerbit Andi.
Dari menggolongkan jenis-jenis buku tersebutlah dibuat pemetaan untuk strategi pemasaran.Strategi pemasaran buku yg telah kami petakan yaitu 

➡Strategi Pemasaran buku serangan udara (On Line )
Dampak transformasi digital melalui strategi pemasaran online menjadikan digital marketing yang dapat dijangkau sangat luas,murah tidak membutuhkan biaya besar karena menggunakan aplikasi digital atau online,dapat menentukan dengan mudah target pasar dan sangat membantu dalam meningkatkan penjualan. sehingga selanjutnya tahap evaluasi semakin mudah untuk dilakukan.

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial 
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan penjualan dan profit 
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

* Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Pemasaran buku lewat komunitas masih terus dilakukan lewat acara-acara seminar online,webinar maupun melalui channel penerbit andi youtube dengan tema yang menarik.

➡Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1.Distribusi ke toko buku
Penerbit Andi sebagai pemasok buku secara rutin melakukan pemetaan toko buku hal ini dilakukan karena setiap toko memiliki perbedaan sistem administrasi dan tempat yang berbeda,pemetaan dibagi menjadi 3 yaitu,toko buku modern,semimodern dan tradisional contohnya toko buku modern yaitu gramedia,toko buku gunung agung dan toko buku toga mas memiliki sistem transaksi yang mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem sentralisasi.
sedangkan toko buku semi modern sistem administrasi transaksi mulai mengikuti perkembangan teknologi tapi terbatas,dan untuk toko buku tradisional sistem administrasi transaksi masih menggunakan sistem manual atau dicatat dibuku.
Jalur distribusi ke toko-toko buku kami lakukan dengan cara titip jual atau kongsinasi kecuali untuk toko buku tradisional dengan cara jual putus atau kredit karena laporan pertanggung jawabanya masih manual maka sistem jalur distibusi perlu diperketat.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

gambar salah satu contoh display ditoko buku

               contoh promo digramedia

➡Strategi Pemasaran dengan Directselling 
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) . 
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan langsung ke tiap sekolah untuk temui kepala Sekolah, bagian kurikulum , Biro umum dll.
- Kunjungan langsung ke setiap Kampus / Perguruan Tinggi untuk temui Dosen, tiap Kaprodi, tiap Dekan, ke LPPM dan sampai ke para Rektor .
- Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

Nah untuk yang ingin menerbitkan langsung karyanya ke Penerbit ANDI silahkan simak caranya berikut πŸ‘‡

Persyaratan & Tata Cara Pengiriman Naskah ke Penerbit ANDI
Tentukan jenis naskah apa yang ingin di tulis:

Jika sudah menentukan jenis naskah apa yang akan kamu tulis, penerbit ANDI memiliki beberapa prosedur dalam proses penulisan dan pengiriman, di antaranya;
1. Mengetik naskah dengan rapi menggunakan font Times New Roman (atau sejenisnya) dan font 12 pt.
2. Panjang naskah tidak kurang lebih dari 150 halaman kertas A4.
Yang terakhir adalah memberikan beberapa lampiran berikut saat kamu mengirimkan naskah.
1. Sinopsis
Pastikan kamu sudah menulis sinopsis dengan tepat. Sinopsis tidak boleh lebih dari dua halaman dan sinopsismu harus sudah merangkum isi naskah secara keseluruhan agar penerbit dapat menangkap garis besar naskah.
2. Proposal
Tulis proposal singkat yang menjelaskan alasan dari Penerbit ANDI untuk menerbitkan naskahmu. Proposal yang kamu tulis harus kurang dari dua halaman.
3. Data Diri
Cantumkan data dirimu. Data diri dapat berupa latar belakang, kompetensi yang kamu miliki, maupun keterlibatanmu dalam suatu keanggotaan atau organisasi tertentu.

Demikian yang dapat disampaikan Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang. Akhir kata kami sebagai “Tenaga pemasarann buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam  menceraskan kehidupan bangsa Indonesia”. 
Maka dari itu Menulis adalah berjuang , Penulis adalah Pahlawan yang akan di kenang selama – lamanya..Lembaran karya adalah medan pertempuran, Pena adalah senjatanya.
"Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.

~ Agus Subardana salam dari Penerbit Andi ~

        🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼

Akhirnya Lampu ditolitoli sore ini menyala tepat baterai hp saya tinggal 2 persen sayapun bisa melanjutkan resume ini dibawah naungan stop kontak charger 🀭,saat si bungsuku telah menikmati ayunan listriknya dan sisulungku sedang asik menonton tv serial kesukaannya yang dari tadi ia tunggu ipin upin πŸ˜…
seperti baterai sambil mengetik seolah semangat sayapun sedang melakukan isi ulang. 

Dari materi pemasaran buku yang sudah disajikan strategi pemasaran yang mana yang sangat disukai atau cocok untuk memasarkan buku-buku karya kita sendiri?
saya mendominasi pilih yang online sambil promosi secara langsung pada keluarga,kerabat,atau siswa.😁

Yuk Bapak/ibu jangan biarkan Buku-buku karya kita mematung buat buku-buku itu menjadi inspirasi dan menghasilkan suatu karya lainnya dengan cara membaginya mungkin bisa membagi part kecil kisah didalamnya mungkin hingga menarik perhatian publik dan berhasil memasarkannya ke publik,pelan tapi pasti inshaAllah aamiin

Menulis adalah langkah kebaikan
semoga buku-buku bapak/ibu membuat penikmatnya atau pembacanya puas dan menjadi best seller aamiin.

Wassalamualaikum wr wb.
salam literasi
Tolitoli,20 november 2021







Komentar

  1. Seangat cik gu iin semoga jadi penerbit buku pertama di tolitoli. Salam dari barat untuk tanah timur

    BalasHapus
  2. mAshaAllah aamiin bu aamiin
    πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ€—

    BalasHapus

Posting Komentar